Penyebab Aki Motor Cepat Soak Penyebab Aki Motor Cepat Soak

Ad Placement

Penyebab Aki Motor Cepat Soak

Tuesday 6 April 2021



YVCI  Jakarta - Penyebab Aki Motor Cepat Tekor dan Tidak Mengisi - Hal utama yang perlu di perhatikan pada sepeda motor salah satunya Aki. Salah satu komponen yang berhubungan langsung sama sistem kelistrikan sepeda motor adalah Aki. Walaupun Aki memiliki usia pakai, komponen yang satu ini ini biasanya kudu diganti setelah digunakan cukup lama.

Nah, jika Aki pada motor selalu tekor dan harus diganti padahal pakainya belum lama, pemilik sepeda motor alangkag baiknya dilakukan pengecekan dengan teliti, apa yang membuat Aki cepat tekor.

Karena ada beberapa masalah yang menyebabkan aki gampang tekor, terutama jika motor sudah pernah melakukan modifikasi atau pemasangan aksesori tertentu tanpa menyesuaikan beban Aki.

Lebih jelasnya, berikut penyebab aki motr cepat soak

Kiprok Rusak
Komponen ini berperan menyuplay pengisian aki. Jika part komponen ini bermasalah atau rusak, akibatnya aki overcharger atau tidak mengisi sama sekali selanjutnya aki cepat tekor. Untuk mengetahui pengisiannya normal atau nggak, nyalakan mesin dan nyalakan lampu utama.

Lampu Rem
Tanpa menyadari dan sering terjadi lampu rem menyala terus-menerus, karena tidak memperhatikannya. Yang terjadi, arus listrik dari aki tersedot selama dalam berkendara, dan menyebabkan aki cepat tekor.

Aksesoris Lampu HID
Lampu HID emang lebih terang dari lampu bawaan pabrikan, tapi aksesoris ini juga membutuhkan suplai daya listrik lebih besar. Nggak sedikit bengkel aksesoris yang masang lampu HID tanpa perlu penyesuaian pada spul pengisian, yang mengakibatan aki mudah soak atau tekor.

Biasanya ini terjadi karena switch rem belakang berubah atau part tersebut sudah rusak. Tak hanya itu, handle rem yang selalu menempel pada bagian switch biasanya sudah terkikis dan bisa juga menjadi penyebabnya.

Posisi gas stabil pada putaran mesin 4.000 sampai 5.000 RPM. Pengisian normalnya berada pada tegangan 14 sampai 15 Volt.

Klakson
Mamasang klakson mobil di motor banyak yang melakukan para pemilik sepeda motor. Pemasangan part ini rupanya memerlukan suplai tegangan listrik yang cukup besar. Supaya aki nggak mudah tekor, alangkah baiknya dipasang relay untuk menyetabilkan arus listrik.

Bore-Up
Sepeda motor yang telah bore-up, tapi spul dinamo starter nggak juga di-upgrade, maka jika kompresi tinggi yang dialami dinamo starter nggak kuat meyalakan kendaraan.