Tips Berkendara Motor yang Nyaman dan Aman Tips Berkendara Motor yang Nyaman dan Aman

Ad Placement

Tips Berkendara Motor yang Nyaman dan Aman

Saturday 10 April 2021


Tips Berkendara Motor yang Nyaman dan Aman
Tips aman dan nyaman berkendara/sumber foto/Cnnindonesia.com

YVCI Jakarta - Sekarang ini semua kebutuhan kehidupan sehari-hari di haruskan untuk melangkah cepat. Seperti kata pepatah waktu, adalah uang sehingga seseorang kudu benar-benar memanfaatkan waktu dengan dengan sebaik mungkin.

Salah satu kebutuhan saban hari setiap orang untuk bepergian adalah sepeda motor. Sepeda motor dianggap sebagai kendaraan paling cepat yang enggak peduli dengan situasi macet karena dengan sepeda motor maka seseorang bisa tetap berjalan selap-selip hingga tujuan.

Kecelakaan di jalan raya yang menimpa sepeda motor bisa terjadi karena keteledoran pengendara itu sendiri. Dalam hal ini, sebaiknya pengguna sepeda motor memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang keselamatan dalam berkendara sepeda motor.

Namun sayang, enggak semua pengendara motor memperdulikan hal ini, bahkan masih banyak yang mengabaikan hal penting tersebut. Padahal, memiliki kemampuan dan pengetahuan tentang keamanan dalam berkendara itu sangat bermanfaat bagi dirinya sendiri dan pengendara lain.

Di kutip dari Astramotor.co.id. Berikut tips berkendara sepeda motor yang aman dan nyaman:

1. Menyiapkan kendaraan

Sebelum Anda menggunakan sepeda motor, sebaiknya Anda persiapkan kendaraan Anda mulai dari mengecek seluruh komponen kendaraan. Pastikan seluruh komponen dalam kondisi baik. Jika terdapat suku cadang yang perlu diganti maka gantilah segera jangan menunggu terlalu lama, karena Anda harus ingat bahwa hal yang Anda anggap sepele ini akan mengganggu Anda dalam perjalanan hingga membahayakan keselamatan Anda dalam berkendara.

2. Menggunakan perlengkapan keselamatan

Dalam mengendarai sepeda motor, penting bagi Anda menggunakan perlengkapan keselamatan seperti jaket, helm, celana panjang, masker, sarung tangan, sepatu dan lain sebagainya. Penggunaan perlengkapan tersebut akan membantu Anda terlindungi selama perjalanan.

3. Sikap berkendara yang baik

Dalam berkendara sepeda motor sebaiknya Anda memiliki sikap berkendara yang baik dimana Anda duduk di atas sepeda motor dengan posisi lurus tegak namun tetap santai, pastikan pandangan ke depan, jangan mengangkat kedua kaki ke tempat lain dengan alasan apapun, jangan membonceng lebih dari satu orang dan barang bawaan yang berat.

4. Jaga jarak dalam berkendara

Saat Anda berkendara sepeda motor, pastikan Anda menggunakan kecepatan tertentu dalam setiap kondisi. Anda harus mengatur kecepatan sesuai kondisi yang ada. Dan perlu diingat jangan lupa jaga jarak dalam berkendara. Menjaga jarak akan membantu Anda dari kecelakaan atau tabrakan akibat pengereman mendadak.

Untuk meminimalisir hal tersebut, maka sebagai pengendara yang cerdas sebaiknya Anda mengamati kecepatan berkendara dan menyesuaikan dengan jarak yang ada di depan Anda. Semakin tinggi kecepatan yang Anda gunakan maka semakin jauh jarak yang perlu dipersiapkan.

5. Tetap fokus dan waspada

Dalam berkendara sebaiknya Anda tetap fokus dan waspada dalam berkendara. Banyak pengendara merasa dirinya yakin akan memampuan berkendara yang dimilikinya, mereka terkadag merasa kecelakaan tidak mungkin terjadi. Namun perlu diketahui bahwa sikap demikian akan menciptakan kecerobohan dan kurang hati-hati. Perlu diingat sehebat apapun Anda berkendara Anda tetap perlu fokus dan waspada.

6. Patuhi aturan dan rambu lalu lintas

Yang terpenting dalam berkendara adalah patuhi segala aturan dan rambu lalu lintas di sepanjang perjalanan. Gunakan lampu sein saat Anda akan berbelok. Pastikan Anda mematuhi segala aturan dan rambu lalu lintas yang ada.

Demikian tips berkendara sepeda motor yang aman dan nyaman. Pastikan diri Anda memiliki kriteria di atas supaya perjalanan Anda menjadi aman dan nyaman bagi diri sendiri maupun pengendara lain.



Sumber : Astramotor.co.id